Senin, 05 November 2012

UH 2 ekonomi perilaku konsumen dan produsen


  1. Gambarkan tentang circular flow 2 sektor, 3 sektor, dan 4 sektor beserta penjelasannya!
  2. Adakah hubungan antara kegiatan ekonomi suatu negara dengan sistem ekonomi negara tersebut? Tulisjan penjelasannyak
  3. Dari circular flow yang kalian buat di nomor 1, tuliskan semua peran pelaku ekonomi yang ada di dalamnya!
  4. Tuliskan mengenai penjelasan The Law of Diminishing Return dengan menggunakan contoh !
  5. Tuliskan cara perluasan produksi yang bisa dilakukan oleh produsen dengan disertai contoh!
  6. Tuliskan perbedaan kegiatan produksi primer, sekunder dan tersier!
  7. Rangkumkan mengenai Teori Nilai Pasar dari Humme dan Locke!
  8. Rangkumkan mengenai teori nilai tenaga kerja dari David Ricardo!
  9. Rangkumkan mengenai teori nilai lebih dari Karl Marx!
  10. Tuliskan perbedaan Hukum Gossen I dan II!
JAWABAN!

4 sektor
2 sektor
3 sektor
   




















2. ada. kalau sistem negara tersebut campuran,maka pemerintah dan masyarakatnya sama sama aktif dan masyarakat bisa berinovasi,kalau komando dia hanya mengandalkan pemerintah,sehingga masyarakatnya pasif.begitu juga denga liberal,lebih banyak swasta yang aktif dibanding pemerintah,sehingga kegiatan ekonomi di tiap sistem ekonomi berbeda.

  1. "RTK memberi faktor produksi ke RTP,RTK menerima balas jasa/gaji dari RTP,RTK menerima hasil produksi dari RTP,RTK memberi penjualan hasil produksi untuk konsumsi ke RTP "     " RTP menerima faktor produksi dari  RTK,RTP memberi balas jasa/gaji ke RTK,RTP memberi hasil produksi ke RTK,RTP menerima hasil produksi untuk konsumsi ke RTK"
  2. Law of diminishing returns adalah sebuah hukum dalam ekonomi yang menjelaskan tentang proporsi input yang tepat untuk mendapatkan output maksimal.  contoh: 
    jika sawah yang oleh 10 orang saja sudah sempit, ditambah lagi dengan 1,2, bahkan tiga orang lagi. Maka sawah akan semakin penuh. Disinilah timbul pendapatan yang menurun. Petani yang ada disana tidak produktif. Bahkan, pemilik sawah juga harus membayar lebih dari 10 petani, yang mana sawah itu sendiri hanya bisa menghasilkan output yang dilakukan oleh 10 petani.

    Otomatis, pemilik sawah harus membayar lebih untuk itu, sehingga pendapatan mereka akan semakin menurun. Sawah juga akan semakin sesak jika diisi oleh lebih dari 10 orang, bisa jadi mereka justru mencangkul kaki dari petani yang lain, karena lahan nya sudah habis.

  3.  
    a.Ekstensifikasi, artinya perluasan produksi dengan cara menambah faktor-faktor atau unit produksi baru. Di bidang pertanian misalnya menambah areal pertanian, di bidang industri menambah tenaga kerja, mesin-mesin.
    b.Intensifikasi, artinya perluasan produksi yang dilakukan dengan cara meningkatkan produktivitas (kemampuan menghasilkan) dari faktor produksi yang ada pada tiap unit produksi. Di bidang pertanian misalnya dengan pemupukan, pengairan yang lebih intensif. Di bidang industri misalnya dengan pembagian kerja (spesialisasi kerja), peningkatan kemampuan dan keahlian kerja.
    c.Diversifikasi, artinya meningkatkan jenis dan macam produksi yang dihasilkan. Di bidang pertanian seperti tumpang sari.
  4. produksi primer:menghasilkan kegunaan dasar meliputi bidang produksi ekstraktif dan agraris. produksi sekunder: menghasilkan kegunaan bentuk meliputi bidang produksi industri dan kerajinan. produksi tersier: menghasilkan berbagai kegunaan (utility)meliputi bidang perdagangan dan jasa
  5. Nilai suatu barang tergantung dari permintaan dan penawaran
  6. Nilai suatu barang ditentukan oleh jumlah biaya tenaga kerja yang diperlukan untuk menghasilkan barang tersebut
  7. laba/nilai lebih merupakan hak buruh. kalau laba ini diambil oleh si pengusaha itu merupakan "penghisapan" yang membuat kaum buruh semakin miskin,dan akan menimbulkan revolusi sosialis
  8. gossen 1: "jika pemenuhan kebutuhan suatu jenis barang dilakukan secara terus menerus,maka rasa nikmatnya mula-mula akan tinggi,namun semakin lama kenikmatan tersebut semakin menurun sampai akhirnya mencapai batas jenuh".                                                                          Gossen 2: "konsumen akan melakukan konsumsi sedemikian rupasehingga nilai guna marjinal setiap barang dan jasa yg dikonsumsi akan sama"
  9. laba/nilai lebih merupakan hak buruh. kalau laba ini diambil oleh si pengusaha itu merupakan "penghisapan" yang membuat kaum buruh semakin miskin,dan akan menimbulkan revolusi sosialis
  10. gossen 1: "jika pemenuhan kebutuhan suatu jenis barang dilakukan secara terus menerus,maka rasa nikmatnya mula-mula akan tinggi,namun semakin lama kenikmatan tersebut semakin menurun sampai akhirnya mencapai batas jenuh".                                                                          Gossen 2: "konsumen akan melakukan konsumsi sedemikian rupasehingga nilai guna marjinal setiap barang dan jasa yg dikonsumsi akan sama"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar